Welcome to the Jungle

PRAPATAN SPS
Catatan Berkeliling Nusantara

Genetika 0

Adhy Ws | Sabtu, Desember 25, 2010 |

           Genetika(hereditas) adalah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari penurunan sifat individu dari anaknya.Gregor Mendel memperkenalkan hukum mendel yang dalam perkembangannya digunakan dalam usaha-usaha memperbaiki mutu ternak,memperoleh bibit unggul,meningkatkan produksi tanaman budi daya dan lainya.
          Genotipe adalah sifat dasar yang belum terpengaruh oleh  faktor lingkungan atau faktor yang diturunkan.Misalnya :  warna Bunga.
          Fenotipe adalah resultan dari genotipe dan faktor-faktor lingkungan/luarr atau berupa variasi dari genotipe, misal bunga warna merah/kuning.Dua individu dengan genotipe yang sma akan menunjukkan fenotipe yang berlainan, bila faktor lingkungan juga berlainan.
         Kromosom adlah pembawa sifat-sifat menurun.Gen merupakan faktor-faktor keturunan yang terdapat dalam kromosom dan kromosom terdapat dalam nukleus.
         Tiga fungsi pokok DNA yaitu
1. DNA harus mampu menyimpan informasi genetik dan dengan tepat meneruskannya dari induk kepada keturunannya, dari generasi-ke generasi.Fungsi ini merupakan fungsi genotipik , yang dilaksanakan melalui replikasi.
2. DNA harus mengatur perkembangan fenotipe organisme. Artinya materi genetik harus mengarahkan pertumbuhan dan diferensiasi organisme mulai dari zigot hingga individu dewasa. Fungsi ini merupakan fungsi fenotipik yang dilaksanakan melalui ekspresi gen.
3. DNA harus dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu sehingga organisme tersebut akan dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berubah-ubah. Fungsi ini merupakan fungsi evolusioner yang dilaksanakan melalui peristiwa mutasi.
             Sebagai pembawa informasi genetik, DNA dapat berfungsi sebagai : 
1. Heterokatalis,mensintesis molekul lain seperti RNA (transkripsi)
2. Autokatalis,memperbanyak dirinya sendiri (replikasi)
Hubungan DNA RNA dan Protein
DNA membentuk sifat sel dan menentukan jenis protein yang dibentuk.
Ketika terjadi proses pembuatan DNA baru dalam proses replikasi bangunan spiral menjadi lurus dan anak tangga terputus pada ikatan antara purin dan pirimidin.
RNA,single helix adalah suatu molekul asam nukleat yang merupakan komplemen dari bagian rantai DNA,tetapi basa timin diganti dengan urasil(U)
RNA sama seperti DNA disusun oleh basa nitrogen , gula deoksiribosa dan gugus fosfat.

Protein dibentuk didalam ribosom oleh 3 jenis RNA:
r-RNA,m-RNA,t-RNA.
Prinsip dasar relikasi DNA : memasangkan basa komplemen pada rantai templat.
Karena kedua untai DNA merupakan komplementer sehingga masing-masing untai berperan sebagai template untuk membuat rantai baru dalam proses replikasi.

Replikasi DNA. Mula-mula, heliks ganda DNA (merah) dibuka menjadi dua untai tunggal oleh enzim helikase (9) dengan bantuan topoisomerase (11) yang mengurangi tegangan untai DNA. Untaian DNA tunggal dilekati oleh protein-protein pengikat untaian tunggal (10) untuk mencegahnya membentuk heliks ganda kembali. Primase (6) membentuk oligonukleotida RNA yang disebut primer (5) dan molekul DNA polimerase (3 & 8) melekat pada seuntai tunggal DNA dan bergerak sepanjang untai tersebut memperpanjang primer, membentuk untaian tunggal DNA baru yang disebut leading strand (2) dan lagging strand (1). DNA polimerase yang membentuk lagging strand harus mensintesis segmen-segmen polinukleotida diskontinu (disebut fragmen Okazaki (7)). Enzim DNA ligase (4) kemudian menyambungkan potongan-potongan lagging strand tersebut.
 Protein yang berperan dalam replikasi DNA :
Polimerase : adalah enzim yang berperan dalam mengkatalisasi pembentukan DNA.
ligase adalah enzim yang berguna dalam menyambung DNA utas lagging

0 Responses So Far:

 
Prapatan SPS Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS