Welcome to the Jungle

PRAPATAN SPS

Cara membuat preparat dan cara Pengamatan 1

Adhy Ws | Rabu, Februari 16, 2011 |


Preparat ada 2 macam yaitu preparat awetan dan preparat basah. Preparat awetan dikerjakan pada waktu melakukan praktikum mikroteknik tumbuhan dan preparat yang dihasilkan dapat disimpan cukup lama.
Preparat basah dilakukan pada waktu praktikum struktur tumbuhan dan preparat yang dihasilkan tidak dapat tersimpan lama. Dilakukan dengan cara pengirisan konvensional, yaitu diiris tipis oleh silet yang baru atau cutter yang tipis dan tajam
Cara Mengiris :
1. Kaca objek yang telah bersih dari lemak ditetesi (1 tetes) reagen ditengah -  tengah kaca objek.
2. Peganglah bahan preparat tegak lurus dengan badan, apabila bahan sangat tipis dapat dibantu dengan menyelipkan bahan pada empulur batang manihot atau gabus
3. Letakkan silet/pisau/cutter pada bahan tersebut dengan membentuk sudut < 30 derajat supaya mendapat irisan yang tipis. Arahkan pisau ke arah badan.
4. Buatlah irisan-irisan 3-4 irisan.
5. Letakkan irisan-irisan tersebut pada kaca yang telah ditetesi reagen.
6. Tutuplah dengan kaca penutup yang telah dibersihkan dengan hati-hati dan pelan-pelan.
7. Hindari terbentuknya gelembung-gelembung air, menghindari dengan dibantu dengan meletakkan kaca penutup di atas kertas saringdan ditutupkan pelan-pelan.
8. Kelebihan air diisap dengan tissue.

Cara Pengamatan

1. Siapkan mikroskop yang telah diketahui kelengkapanya dan keadaan bersih.
2. Letakkan mikroskop pada meja tanpa alas buku.
3. Aturlah pencahayaannya dengan menggunakan lensa objektif perbesaran 10x.
4. Letakkan preparat dibawah lensa objektif pembesaran 10 x dengan posisi yang benar.
5. Carilah bayangan benda pada preparat, dengan memutar makrometer sampai lensa objektif mendekati preparat kurang lebih 2mm siatasnya(lihatlah dari pinggir), kemudian putar kembali makrometer keatas secara pelan-pelan, sampai terlihat bayangan.
6. Apabila telah terlihat bayangan benda tersebut, tunjukanlah pada bagian yang akan diamati, Perjelas dengan cara memutar mikrometer secara perlahan-lahan dan putar lensa objektif ke perbesaran 40x. dan perjelas lai dengan cara memutar mikrometer perlahan-lahan.
7. Menentukkan benda yang diamati dengan ukuran yang sesungguhnya dapat dilakukan dengan menggunakan mikrometer dengan perhitungan :
Y=d/a
Y = panjang sel dalam mikron.
a = jumlah sel disepanjang luas pandang.
d = diameter luas pandang dalam mikron.


1 Responses So Far:

Peraga Borneo mengatakan...

Jika butuh preparat dalam partai besar silahkan kunjungi web kami http://peragaboreno.dinomarket.com atau telpon 0852-46-447711. Fanny

 
Prapatan SPS Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS