Welcome to the Jungle

PRAPATAN SPS
Catatan Berkeliling Nusantara

Ekologi pangan 0

Adhy Ws | Kamis, Mei 05, 2011 |

Tujuan dipelajarinya ekologi pangan adalah
Kenaikan jumlah penduduk yang diikuti dengan makin menurunnya luas lahan per kapit, telah memaksa petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang ada.
Kebutuhan pangan juga terus meningkkat dari waktu ke waktu sejalan  dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas hidup manusia. Masalah pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama. produksi tidak konstan merupakan salah satu masalah indonesia sebagai negara agraris. Sehingga dilakukan ekstensifikasi dan intensifikasi

ekologi-sosial-ekonomi

Pengaruh revolusi terhadap  intensifikasi lahan  :
menurunkan fungsi ekologis karena penggunaan peptisida.

Brown danEckhlom (1977)
Kekurangan pangan disebabkan oleh kemiskinan, masalah kekurangan gizi dapat juga karena pengaruh aspek sosial dan kebudayaan. Kekurangan gizi dapat juga disebabkan juga oleh strategi hidup dan berapa maslah, seperti kekurangan dan berkurangnya fasilitas lahan pertanian, bencana alam, rawannya transportasi dan komunitas serta kebijaksanaan politik.

Hama dan penyakit >< Makro dan mikro

Untuk mengatasi kesulitan pangan dilakukan pembangunan
pembangunan pada dasanya merubah sesuatu dari bentuk asliya, perubaha  yang terjadi dapat mempengaruhi lingkungan disekitarnya. Pembangunan yang berkelanjutan haruslah  memperhatikan segi lingkungan/ekologi, biogeofisika, sosial, budaya dan ekonomi.

Sowmarwoto 1975
Lingkungan pedesaan di indonesia merupakan suatu sistem dimana pada umumnya sistem tersebut terdiri dari 4 subsistem, yaitu desa, sungai hutan dan sawah ladang. bila salah satu subsistem tersebut terganggu karena suatu kegiatan tertentu, maka sistem yang lain akan ikut terganggu. Disadari atau tidak masy. Indonesia masih banyak yang tinggal di pedesaan, sehingga ketergantungan  mereka secara langsung dan tidak langsung terhadap lahan/sumber ddaya alam  masih sangat besar.

Gambar tanaman monokultur
Gambar tananam polikultur

Sudut elevasi bandung 700 m dpl.
faktor edafi
ph, struktur, kelembapan  curah hujan
Ketebalan air pada luas tertentu yang kedap air
Evapotranspirasi : penguapan

NTFP : NMon timber forest product

Kegiatan pembangunan yang mempengarugi sumber perolehan pangan baik secara kuantitatif maupun kualitatif, akan menimbulkan gangguan terhadap kebutuhan paqnganb penduduk baik langsung maupun tidak langsung.

Gambar lahan

Perubahan fungsi lahan

Tidak adanya koordinasi masing2 sektor = pembangunan egosektorial
Gambar merusak hutan : karena sawah yang dijual.

0 Responses So Far:

 
Prapatan SPS Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS