Welcome to the Jungle

PRAPATAN SPS

sel dan jaringan hewan 0

Adhy Ws | Senin, November 22, 2010 |


     Jika dibandingkan dengan sel tumbuhan, sel hewan tidak memiliki dinding sel dan plastida sehingga sel hewan berpermukaan lentur dan tidak dapt berfotosintesis.selain itu sel hewan juga berfungsi dalam destruksi bagian sel yang telah rusak, serta sentriol yang berperan dalam pembentukkan benang gelendong sewaktu pembelahan sel.Lisosom dan sentriol tidak ada dalam sel tumbuhan.
       Jaringan.Jaringan didefinisikan sebagai kumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Pada sel hewan dikenal empat macam jaringan dasar yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan saraf.
      Dengan menggunakan preparat yang telah di awetkan kita dapat melihat sel-sel dan jaringan tersebut, berikut akan disajikan beberapa bentuk sel dan jaringan pada hewan (seluruh pengamatan menggunakan mikroskop cahaya dengan perbesaran 400 x kecuali pada jaringan tulang keras dan tulang rawan manggunakan perbesaran 100 x.



epitel selapis kubus
(pada ginjal)
Jaringan epitel selapis pipih
(pada paru-paru)
Jaringan epitel selapis silindris
(pada duodenum)

Jaeingan ikat
Jaringan tulang rawan
(pada vokalis rana)

Jaringan tulang keras
pada osteon petrosum tikus)
Jaringan lemak
(pada ovarium)
Jaringan otot
Jaringan otot jantung
(pada jantung kucing)


Jaringan epitel otot lurik
(pada tendo bufo)

Jaringan otot polos
(pada kucing)
Jaringan saraf
Jaringan otak kecil (cerebelum)
 
Gambar kromatin seks(Jaringan barbody) dan mikronukleus pada mukosa mulut.


        Bar body adalah  badan kromatin seks dari badan kromatin x yang inatif.barbody dapat ditemukan pada individu wanita normal atau yang memiliki kelainan kromosom seks.
       Barr body diambil dari lapisan air yang ada di pipi dengan menggunakan tootpick yang sebelumnya mulut sampel dikumuri dengan menggunakan NaCl, setelah sampel ditempatkan pada preparat berikan cairan giemse/ methylen blue. setelah itu amati dengan menggunakan mikroskop dari perbesaran lemah dahulu. setelah mendapatkan gambar yang sesuai ambil foto dari sampel dan gambar. setelah selesai pengamatan bersihkan preparat kembali dan matikan mikroskop.

0 Responses So Far:

 
Prapatan SPS Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS