Welcome to the Jungle

PRAPATAN SPS
Catatan Berkeliling Nusantara

Curug Sabuk 0

Adhy Ws | Minggu, Oktober 13, 2013 |


Curug Sabuk terletak di Desa Nangorak. Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS:
6°55'37.24"S dan 107°54'15.71"T
Aksesbilitas

Akses menuju lokasi curug cujup sulit dan jauh dimana harus berjalan kaki belasan kilometer, menembus belantara dan mengikuti arus balik sungai. Untuk menuju kesana dibutuhkan waktu kurang lebih 1-3 jam berjalan kaki dari pemukiman warga.

Ketika melihat perjalanan yang diawali dari pemukiman penduduk, lalu ke perkebunan sayur seperti tomat, cabai dan diselingi oleh kopi dan jeruk. Lalu ada formasi tepus yang cukup luas sebelum sampai didalah hutan sekunder.
Disepanjang perjalanan dapat kita jumpai kelompok kriptogamae yang bermacam-macam, berbagai burung yang saling bersahutan dari mulai pemakan biji seperti pijantung, pelatuk hingga burung predator yakni elang. Dari mamalia kita dapat menjumpai babi hutan, lutung dan kera ekor panjang.
Pada area curug sabuk kita dapat mendengar suara burung meninting yang bermain-main dari atas air terjun. Disekitar air terjun dapat kita jumpai invertebrata yang menimbulkan cahaya pada malam hari, selain itu terdapat pendaran cahaya dari udang yang cukup besar. Disana juga terdapat ikan benteur yang cukup banyak.

Biodiversitas

Anggrek

Invertebrata (menyala dimalam hari)


Ikan Benteur

Udang

Serangga Malam

 

0 Responses So Far:

 
Prapatan SPS Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS