Heroes Myspace Comments

Welcome to the Jungle

PRAPATAN SPS
Catatan Berkeliling Nusantara

Peka dong 0

adhyws | Jumat, Desember 23, 2016 | , ,


Bagaimana kerumitan zaman ini semakin bertambah, karena komunikasi yang gagal. Teknologi yang membuat manusia zaman modern ini lebih sering bertatap dengan gadget dan sosial media sementara lingkungan sekitarnya tidak diperhatikan. Terkadang miris, hal ini merupakan bagian dari pendidikan yang kita punyai. Kita sewajarnya melatih sedari kecil keterampilan ini sebagai suatu hal yang wajib dimiliki. Meskipun bersifat softskill. Kepekaan terhadap lingkungan merupakan suatu keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap diri untuk bisa beradaptasi.



Beribu maaf terkadang tidak cukup, jika kita gagal dalam membangun komunikasi. Kesalahan kecil bisa menjadi fatal dan itulah sebabnya banyak perselisihan. Bagaimana kita sebagai insan tidak bisa saling memahami karena gagalnya untuk menjalin yang namanya komunikasi.

Kepekaan sebenarnya bisa dilatih. Bagaimana melatih kepekaan itu  ?

Setiap manusia terlahir sebagai makhluk sosial, dan tidak dapat hidup sendiri. Isolasi terhadap hubungan ini dirasakan semakin tinggi semenjak era teknologi dimana semuanya berada di dalam genggaman. Rasanya kita harus intropeksi diri ketika punya banyak teman di Facebook, namun kenyataanya kita hanyalah seseorang yang mengunci diri di kamar kosan dan tidak tahu tetangga kiri kanan itu siapa saja, apalagi masalah yann mereka hadapi. Sebaiknya kita mempelajari lingkungan kita,

Rasanya senang jika kita merasa diperhatikan (jangan samakan dengan dicurigai), sehingga kita makan ada yang meningatkan, dalam pekerjaan kita selalu di eri arahan, dalam bertetangga pun begitu.

 "Waduh bu, mangganya banyak sekali"

Sebaiknya kita peka akan hal ini, setidaknya kita mencoba berbagi sebelum ada kata-kata ini.

Mungkin kata ini adalah sebuah pujian, namun kita sadari bahwa ini adalah permintaan dalam bahasa yang halus.

Maka sebagai manusia hendaknya berbagi, berbagi itu merupakan bagian dari amalan baik yang bisa kita kerjakan, didunia kita akan menjadi orang yang dermawan dan tidak mempunyai penyakit hati seperti pelit. Belum lagi kita akan mendapat ucapan sebagai bagian dari doa. Sehingga mangga itu menjadi sesuatu yang bermanfaat dan barokah dalam lingkungan kita.
Dewasa ini kita memiliki banyak etika yang harus diperhatikan, hingga saat ini kita dalam bersosmed pun harus bersosial. Ketika kita berada dalam grup misalnya di wa sebaiknya kita tahu bahwa ketika kita membaca, maka ada notofikasi read pada seseorang yang melempar pesan. Dan jika kita baca kita harus tahu apakah kita harus menanngapinya, atau tidak (Tergantung konteks yang ada didalamnya)

0 Responses So Far:

 
Prapatan SPS Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS