Heroes Myspace Comments

Welcome to the Jungle

PRAPATAN SPS
Catatan Berkeliling Nusantara

eksplorasi 0

adhyws | Kamis, Januari 06, 2011 |


Eksplorasi.
Eksplorasi adalah pelacakan atau penjelajahan atau dalam plasma nutfah tanaman dimaksudkan sebagai kegiatan mencari, mengumpulkan, dan meneliti jenis spesies tertentu untuk mengamankan dari kepunahan. Spesies yang ditemukan perlu diamati sifat dan asalnya. Eksplorasi dilengkapi dengan denah penjelajahan yang menggambarkan tempat tujuan eksplorasi dan data paspor (memuat nama daerah plasma nutfah, kondisi biogeografi, dan ekologi).
Eksplorasi dilakukan dengan metode jelajah secara acak terwakili dimaksudkan untuk mengumpulkan data dari tiap-tiap kawasan jelajah, sehingga tiap kawasan memiliki contoh yang bisa dijadikan sebagai pembanding dengan daerah lainnya. kawasan sampel ini bisa dibagi berdasarkan kebutuhan dan tujuan dari penelitian itu sendiri, misal pengumpulan data berdasarkan ketinggian lokasi, berdasarkan tingkat kelembaban, berdasarkan tipe habitat dan lain-lain.
metode eksplorasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan inventarisasi (baik inventarisasi tumbuhan maupun hewan). untuk inventarisasi, Pengamatan dilakukan pada setiap kali penjumpaan. Jadi setiap kali berjalan dijumpai anggrek, maka pada saat itu pula dilakukan pengamatan populasi dan pengulangan penjumpaan dihitung sebagai frekuensinya. Persentase kemelimpahan dihitung dari penjumlahan persentase jumlah individu dan persentase frekuensi keterdapatannya.

beberapa contoh variabel yang sering digunakan dalam penelitian ekologi yang menggunakan metode ini:
data primer:
  1. Jenis: menerangkan nama spesies
  2. Ciri/ morfologi: menerangkan ciri yang nampak pada spesies yang dijadikan objek (daun, bunga, batang, warna, bentuk jejak, bentuk paruh dll)
  3. Jumlah: bisa jumlah jenis maupun jumlah individu. (berapa ekor, berapa jenis, berapa batang dll)
  4. Kondisi habitat: menerangkan keadaan yang terjadi pada habitat tersebut (semak belukar, berair, rawa, tajuk rapat dll)
  5. Kelembaban. dll
data sekunder
  1. iklim
  2. wawancara langsung dan tak langsung
  3. literatur

0 Responses So Far:

 
Prapatan SPS Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS