Heroes Myspace Comments

Welcome to the Jungle

PRAPATAN SPS
Catatan Berkeliling Nusantara

perjalanan di biologi 0

adhyws | Kamis, September 22, 2011 | ,

              Perjalanan biologi kupelajari dari sini, dari gagalnya seleksi diberbagai tempat dan terpilihnya aku lewat beasiswa yang tak pernah kuduga sebelumnya. Biologi merupakan bidang ilmu yangmempelajari tentang makna kehidupan dan bagaimana kehidupan itu berjalan dan bukan mengapa kehidupan itu harus ada atau tiada. Mempelajari kejadian-kejadian yang indah beserta segala kehidupan didalamnya, dari semut-semut kecil yang membentuk koloni di sekitar sarangnya, serangga-serangga kecil yang kosmopolit dan belum pernah punah, sampai mikroorganisme kasat mata, yang tidak bisa dilihat dengan bantuan alat khusus. 
             Perjalanan di biologi merupakan sesuatu yang baru bagiku, karena bukan tujuan utamaku untuk belajar menjadi mahasiswa, namun karena berkat rahmat Tuhan melalui jalur bidik misi walau bukan  keinginan utamaku, aku terpilih untuk menempuh ilmu di biologi ini, dan dengan penuh kesabaran aku menjalaninya. Karena aku harus menahan keinginan hidupku. Dari individual, banyak yang merasa bahwa biologi bukanlah tempat mereka, namun meraka harus menjalaninya dengan terpaksa, dan aku berada dipertengahan diantara keduanya. Disatu sisi saya merasa cukup beruntung dapat mengetahui kejadian alam dan mempelajari keagungan tuhan sehingga memperkuat rasa iman saya.
                Mulanya saya tidak ingin aktif dalam biologi, saya hanya ingin belajar dan belajar tanpa mengikuti aktivitas apapun disini. Namun seiring dengan berjalannya waktu saya merasakan musti ikut andil bagian didalamnya. Karena kondisi yang memang mengharuskannya. Latar belakang kami yang bermacam-macam dan ingin disatukan. Merupakan pekerjaan sulit bagi kami untuk menjadi keluarga 2010.
              Ditengah kesibukan kuliah, selalu ada kegiatan-kegiatan yang ingin dilakukan,. arbor merupakan rumah kedua  setelah teman smp saya,. Memang yang saya cari adalah ketenangan hidup, kesederhanaan dan selalu ada harapan untuk lebih baik, Biologi merupakan gudang para peneliti, dalam ekspedisi borneo merupakan salah satu film yang mengilhami saya untuk bagaimana menjadi peneliti yang baik, spesifikasi tidak akan saya lakukan, karena saya ingin semua bisa dilakukan, ku ingin jadi mahasiswa biologi yang multifungsi,...
            Dan saya hanya bisa berikan, pesan pada penerus selanjutnnya : merupakan tugas sangat berat bagimu, mengemban tugas kedepan, namun bila semua elemen penyusun yang kau perlukan bisa kau atur, maka derap langkah yang baik akan kau temukan,...
Tiap angkatan memiliki sensitifitasnya tersendiri, namun hal ini dapat diatasi sebenarnya, bila ada satu angkatan yang mengalah,dan bila ada yang mampu memahami satu sama lain.
             Langkah-langkah kaki yang kutapaki, menyusuri hutan dan gunung, dan menuruni sungai hingga membawaku ke arah laut lepas, semua perjalanan kucoba untuk menuliskannya dalam suatu catatan kecil yang  kutuliskan dalam rangkaian kata-kata ini. Dari kumulai membuka mataku, kutuliskan suasana hari ini, semua kutuliskan menjadi suatu pengalaman hidup.
              Siapa yang mengetahui loyalitas, tiada yang tahu kecuali diriku sendiri, dirimu sendiri dan tuhan yang maha mengetahui. Kontribusi saya lakukan dengan harapan bahwa ada suatu progresif yang dilakukan ketika saya datang begitu pula seterunya. Bahkan muluknya membuat database dan menampungnya sehingga akan tercipta pondasi yang kuat didalamnya.Mungkin masih terlalu tinggi cita itu diwujudkan ditengah perpecahan yang masih terjadi di tubuh sendiri.Sebenarnya hal ini sangat mungkin terjadi,.. namun perlu peningkatan kerja dan keikhlasan meluangkan waktu untuk itu.
               Menjadi seorang ekolog bukanlah  keinginan yang dicita-citakan, namun suatu tantangan bagi saya sebagai seorang biolog untuk mempelajari hal-hal yang terkait di dalam kajian ekosistem dengan berbagai komponen yang berada didalamnya. Ekologi memiliki bahasan yang luas, oleh karena itu saya katakan bahwa mempelajarinya merupakan hal yang menarik untuk dipelajari.

0 Responses So Far:

 
Prapatan SPS Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS