Welcome to the Jungle

PRAPATAN SPS
Catatan Berkeliling Nusantara

Pendakian 0

Adhy Ws | Sabtu, Desember 22, 2012 |

Perjalanan ini merupakan pendakian pertamaku di alam bebas, waktu itu aku masih tingkat satu di biologi, bermula dari ajakan senior, aku pun mulai mengemas barang yang sekiranya aku perlukan. Perjalanan kami tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 3 jam dari kota Bandung. Papandayan merupakan gunung api yang masih aktif yang terletak di kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dengan ketinggian 2665 m diatas permukaan laut merupakan tantangan pertamaku melawan hawa dingin yang menyelimuti.

kawah sulfur
       Setibanya di gerbang parkir, sekedar menghangatkan badan setelah perjalanan panjang melewati Garut, kami pun melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Baru sebentar kami berjalan, angin membawa gas belerang ke arah kami, dan tercium menusuk hidung. Kami memakai syal  yang sedikit lembab untuk melewati terpaan angin tersebut. Karena terkena mata pun menjadi sangat perih, kami bergegas melewati kawah-kawah aktif tersebut. Dan menghirup kesegaran udara sebanyak-banyaknya setelah melewati kawah-kawah tersebut.
            Setelah melewati kawah-kawah tersebut, kami susuri jalan setapak yang ada. Karena jalan terputus oleh longsor maka, kami terpaksa mencari jalan pintas dengan menaiki tebing yang kami sebut vertikal limit.



       
gunung

pohon mati akibat lahar panas

tegalan air yang sangat jernih

kawah hijau terlihat dari atas

lokasi parkir

Sisa-sisa kebakaran di Papandayan

Sungai mati diatas Gunung

puncak

edelweis

genangan air di musim hujan

Kawah Belerang, Papandayan
Tegal Alun, Papandayan

0 Responses So Far:

 
Prapatan SPS Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS